Kamis, 04 Juni 2015

Penemu Remot Nirkabel Gelombang Televisi



Robert Adler ( 04 Desember 1913 – 15 Februari 2007), lahir di Wina, Austria. Ia menerima Ph.D. dalam fisika dari universitas Wina pada tahun 1937 setelah berimigrasi ke Amerika Serikat, ia mulai bekerja Zenith Electronics dalam divisi riset pada tahun 1941. 

Semasa hidupnya, ia menerima 180 paten untuk peralatan elektronik. Selama perang dunia ke-2, ia berkarya pada osilator dan penyaring elektromekanika frekuensi tinggi di radio pesawat. Adler terkenal karena karyanya dalam teknologi gelombang akustik permukaan yang digunakan dalam televisi berwarna dan layar sentuh.

Penemuannya yang terkenal ialah remot nirkabel untuk televisi. Meski bukan remot control pertama, remot control Adler menggunakan suara untuk berkomunikasi dengan peralatan televisi sebagai pengganti menggunakan cahaya. Remot temuannya menggunakan tangkai aluminium yang ditekan dengan tombol di alat itu untuk menciptakan nada frekuensi tinggi yang akan diintretasikan untuk mengendalikan fungsi oleh tv. Pada tahun 1960-an Adler memodifikasi remot control untuk menggunakan sinyal ultrasonic.


Pada tahun 1963 Adler naik melalui kedudukan wakil presiden dan Direktur riset di Zenith. Ia tetap menjadi penasehat teknik di Zenith hingga 1997. Pada tahun 1980, Adler di anugrahi Edison Medal dari IEEE. Pada 1997 Adler dan Ugene Polley di anugrahi Emmie oleh National Academy Of Televison Arts And Science. Permintaan patennya dipenuhi pada 1 Februari 2007 untuk karya pada teknologi layar sentuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner